Marquee Text Generator - http://www.marqueetextlive.com

Kamis, 07 Oktober 2010

Beras ---> nasi

Apa kita mengetahui bagaimana proses pengolahan dari gabah menjadi beras ? Proses ini penting diketahui, untuk memberikan gambaran secara umum.
Cara memprose
s gabah jadi beras
Setelah padi dipanen, bulir padi atau gabah diproses melalui beberapa tahap
sebelum menjadi beras.
1.     1.  Perontokan & Pengeringan
    2   Pecah Kulit
3.    3. Polish/Giling

*Perontokan dan Pengeringan*
Perontokan adalah proses memisahkan gabah dari jerami.
Pengeringan adalah proses mengurangi kadar air gabah hasil panen untuk
keperluan simpan supaya bisa bertahan lama.

*Pecah kulit*
Setelah dirontokkan, gabah dimasukkan ke mesin pemecah kulit. Proses ini
mengelupaskan sekam dari gabah. Hasil biji beras pada proses ini yang
dikenal dengan BERAS PECAH KULIT atau BROWN RICE.
Biji beras masih memiliki lapisan kulit ari (aleurone dan pericarp) termasuk juga embrionya.

*Giling*
Proses mengelupaskan lapisan kulit ari sehingga didapat biji beras yang 
putih bersih.
* http://keluargasehat.wordpress.com/2008/03/27/gabah-to-beras-merah/

Setiap hari kita biasanya makan sebanyak 3 kali. Kebanyakan orang Indonesia makanan utamanya adalah nasi putih yang berasal dari beras. Tahukah kita berapa jumlah beras atau nasi yang kita makan setiap harinya? Beberapa diantara kita terkadang tidak memperhatikan tentang nilai dari sebuah nasi. Mungkin karena makan merupakan hal yang setiap hari dan berulang kali kita lakukan setiap kali, kita jadi tidak memperhatikan hal tersebut. Nasi yang tidak habis merupakan hal yang kita anggap wajar atau biasa. Tidak hanya satu butir atau 10 butir bahkan mungkin ratusan butir nasi terbuang sia-sia.
Beras dimasak dengan perebusan atau pengukusan , dan menyerap air selama memasak. Hal ini dapat dimasak hanya sebanyak menyerap air (metode penyerapan), atau dalam jumlah besar air yang dikeringkan sebelum disajikan (yang mendidih-metode cepat).  Electric rice cooker , populer di Asia dan Latin Amerika, menyederhanakan proses memasak nasi. Beras sering dipanaskan dalam sebelum direbus, atau minyak ditambahkan ke air, hal ini dianggap membuat nasi kurang lengket.
Beras juga dapat dibuat menjadi bubur beras (juga disebut bubur, okayu, jook, atau bubur beras) dengan menambahkan lebih banyak air dari biasanya, sehingga nasi sudah jenuh dengan air ke titik yang menjadi sangat lembut, diperluas, dan mengembang . Bubur beras biasanya dimakan sebagai makanan sarapan, dan juga merupakan makanan tradisional untuk sakit.
Rice mungkin direndam sebelum masak, yang menyimpan bahan bakar, mengurangi waktu memasak, meminimalkan paparan terhadap suhu tinggi dan dengan demikian mengurangi kelengketan beras. Untuk beberapa varietas , membasahi memperbaiki tekstur nasi dengan meningkatkan ekspansi butir.
beras Instan berbeda dari beras setengah matang dalam hal itu digiling, sepenuhnya dimasak dan kemudian dikeringkan. Ada juga penurunan yang signifikan dalam rasa dan tekstur.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar