Marquee Text Generator - http://www.marqueetextlive.com

Minggu, 09 Desember 2012

Tulisan keduapuluh


VIDEO GRAPHIC ARRAY (VGA)

   Ø   VIDEO GRAPHIC ARRAY (VGA)

Video Graphic Array (VGA) merupakan sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah digantikan oleh standar yang lebih baru, VGA masih digunakan dalam pasar pocket pc. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih beroperasi dalam mode VGA karena mode VGA didukung oleh banyak pembuat monitor dan kartu grafis.
VGA merupakan salah satu komponen output yang bertugas menampilkan hasil proses pada layar monitor. Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar/desain grafis ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya


Ø  Resolusi VGA

Resolusi VGA 640x480 piksel adalah dengan 16 atau 256 warna. Dasar resolusi ini digunakan ketika boot PC, dan juga digunakan dalam Safe Mode untuk mengatasi masalah, karena driver display ditetapkan pada resolusi yang lebih tinggi dapat menyebabkan masalah. Meskipun pengguna tidak berhenti dari menjaga resolusi ini, sangat sedikit data akan muncul di layar. Namun, layar kecil di perangkat genggam juga dapat menggunakan VGA atau bahkan lebih rendah resolusinya. Di bawah ini merupakan standar resolusi yang biasa dipakai pada VGA :
·         640x480
·         800x600
·         1024x768
·         1280x1024
·         1600x1200

Tiga terakhir merupakan yang paling umum digunakan. Sebagai contoh, 1024x768 berarti ada 1.024 kolom dan 768 baris piksel pada layar. Semakin tinggi resolusinya, bahan lebih dapat dilihat di layar, namun resolusi tinggi di layar kecil membuat teks sangat kecil.

Ø   Jenis-jenis Konektor VGA
Sebuah konektor VGA 15-pin tiga baris DE-15 konektor. 15-pin konektor VGA ditemukan pada banyak kartu video, monitor komputer, dan beberapa set televisi definisi tinggi. VGA konektor dan kabel komponen RGBHV membawa analog (merah, hijau, biru, horizontal sync, sync vertikal) sinyal video, dan data. Pada komputer laptop atau perangkat kecil lainnya, port mini-VGA kadang-kadang digunakan sebagai pengganti konektor VGA berukuran penuh.
Hal ini juga disebut konektor RGB, D-sub 15, mini sub D15, mini konektor D15, HD-15, atau HD15 (High Density 15), DE-15, atau DE15, yang membedakannya dari konektor dengan ukuran yang sama tetapi dengan hanya dua baris pin. Kadang-kadang, konektor ini disebut sebagai "DB-15" atau sebagai ""-15 HDB.
Port VGA didalam FPGA digunakan sebagai output dari hasil program didalam FPGA, dimana program tersebut merupakan program untuk mengontrol tampilan grafik yang nantinya akan ditampilkan pada monitor. Namun FPGA hanya dapat menampilkan grafik tidak lebih dari resolusi 640 x 480.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar