Marquee Text Generator - http://www.marqueetextlive.com

Sabtu, 12 Maret 2011

Manusia dan Keindahan

1                   Keindahan
     Berasal dari kata indah yang artinya adalah bagus, cantik, elok, molek, permai, dan sebagainya.Keindahan merupakan suatu konsep abstrak yang tidak dinikmati karena tidak jelas.Keindahan identik dengan kebenaran, keduanya memiliki citra yang sama yaitu abadi dan mempunyai daya tarik selalu bertambah. Keindahan bersifat universal tidak terikat dengan perseorangan, waktu, dan tempat, selera, mode , kedaerahan atau lokal.

Manusia setiap waktu memperindah diri, pakaian, rumah, kendaraan dan sebagainya agar segalanya tampak mempesona dan menyenangkan bagi yang melihatnya. Semua ini menunjukkan betapa manusia sangat gandrung dan mencintai keindahan. Seolah-olah keindahan termasuk konsumsi vital bagi indera manusia. Tampaknya kerelaan orang mengeluarkan dana yang relatif banyak untuk keindahan dan menguras tenaga serta harta untuk menikmatinya, seperti bertamasya ke tempat yang jauh bahkan berbahaya, hal ini semakin mengesankan betapa besar fungsi dan arti keindahan bagi seseorang. Agaknya semakin tinggi pengetahuan, kian besar perhatian dan minat untuk menghargai keindahan dan juga semakin selektif untuk menilai dan apa yang harus dikeluarkan untuk menghargainya, dan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang yang dapat menghayati keindahan. 

2 .     Perbedaan antara keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah banda tertentu yang indah

      Menurut cakupannya orang harus membedakan antara keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk perbedaan ini dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah beauty (keindahan) dan the beautiful (benda atau hal yang indah). Sebenarnya sulit bagi kita untuk menyatakan apakah keindahan itu. Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau suatu karya. Dengan kata lain, keindahan itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan dengan suatu bentuk. Menurut saya, suatu abstrak gini biasanya sifatnya Subjektif .

3.      Keindahan seluas-luasnya

      a. Keindahan dalam arti luas

Dalam arti yang luas, sebenarnya pengertian ini masih diambil dari bangsa yunani yang didalamnya mencakup pula kebaikan. Menurut beberapa ahli antara lain :
1. Plato mengatakan bahwa watak yang indah adalah hukum yang indah,
2. Aristoteles mengatakan bahwa keindahan merupakan sesuatu yang baik dan juga menyenangkan,
3. Plotinus menuliskan dalam bukunya tentang ilmu yang indah dan kebijakan yang indah.
      Dari beberapa ahli tersebut, bangsa Yunani tetap mengatakan bahwa keindahan adalah sesuatu ilmu dan ada yang indah dan akan terus berlangsung. Bangsa yunani lebih berbicara tentang arti keindahan dalam arti estetik yang disebut sebagai “symmetria” untuk keindahan yang berdasarkan penglihatan semata dan harmonis untuk keindahan yang berdasarkan pendengaran. Keindahan yang seluas-luasnya meliputi :
·       Keindahan Alam
                                                                                                                             
           Keindahan alam adalah keindahan yang sudah ada di alam sekitar kita. Keindahan yang sudah ada dan bisa dinikmati oleh penglihatan kita.
·       Keindahan Seni

     Keindahan seni adalah keindahan yang tercipta dari hasil karya seseorang tehadap seni. Seni sering sekali menjadi penghubung keindahan agar bisa dinikmati oleh pengamat objeknya. Seseorang paling dominan menikmati keindahan itu lewat seni.

·       Keindahan moral
       
                 Keindahan moral adalah keindahan yang tercipta dari tingkah laku dan perilaku kita sehari-hari

·        Keindahan intelektual

Keindahan intelektual adalah pemikiran yang indah berdasarkan ilmu pengetahuan. Tulisan ini bukanlah mencari pengertian mengenai kata keindahan intelektual.

b. Keindahan dalam arti estetis murni
Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diterapnya.

c. Keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan
Keindahan dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang diterapnya dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna.

4.      Nilai etetik

Estetika adalah salah satu cabang filsafat. Secara sederhana, estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya. Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi seni.


5.      Perbedaan nilai ekstrinsik dan nilai instrinsik
Nilai ekstrinsik yaitu nilai yang sifatnya baik sebagai alat untuk membantu sesuatu hal sedangkan nilai intrinsic adalah sifat baik yang terkandung didalam atau apa yang merupakan tujuan dari sifat baik tersebut.

6.      Pengertian ontemplasi dan Ekstansi
Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah yang merupakan suatu proses bermeditasi merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam untuk mencari nilai-nilai, makna, manfaat dan tujuan atau niat suatu hasil penciptaan.
Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah.

Manusia menciptakan berbagai macam peralatan untuk memecahkan rahasia gejala alami tersebut. Semuanya ini dilakukan dan hanya bisa terjadi berdasarkan resep atau pemikiran pendahuluan yang dihasilkan oleh kontemplasi. Siklus kehidupan manusia dalam lingkup pandangan ini menunjukkan bahwa kontemplasi selain sebagai tujuan juga sebagai cara atau jalan mencari keserba sempurnaan kehidupan manusia.

7.     Teori – teori dalam renungan
Renungan berasal dari kata renung; artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah  hasil merenung. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori antara lain :  teori pengungkapan, teori metafisik dan teori psikologis.
 Teori Pengungkapan.
Teori ini  intinya adalah hal-hal yang menghasilkan gambaran angan-angan
Teori Metafisik
Teori ini intinya  adalah tiruan dari realita duniawi.

    Teori Psikologis
Teori ini intinya adalah seni yang melambangkan perasaan setiap manusia.

>> Studi kasus <<
Keindahan merupkan bagian hidup manusia, keindahan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Karena dapat kita ketahui bahwa didalam diri kita memiliki hasrat untuk memperindah penampilan. Itu semua tidak dapat dipungkiri karena apabila kita melihat lawan jenis yang menarik perhatian sudah tentu kita akan memperindah diri, baik itu memperindah penampilan ataupun memperindah perbuatan(sikap).
Contoh nya music
Musik adalah suatu hasil dari karya seni. Musik merupakan ungkapan dari perasaan seseorang yang sering kali manusia itu sendiri tak menyadarinya. Musik-musik  yang dinyanyikan oleh penyanyi legendaris indonesia seperti nike ardila(almh), chrisye(alm), titiek puspa, dan banyak lagu. Musik yang mereka ciptakan dan sering ditembangkan sampai dengan saat ini masih didengarkan dan dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat, itu bukti bahwa hasil karya seni bisa juga dinikmati keindahannya dengan pendengaran. Bukan hanya penglihatan.
          
Dapat disimpulkan bahwa manusia juga membutuhkan keindahan. Dengan melihat keindahan hati akan merasa tentram

**Opini
Keindahan itu di nilai dengan perasaan dan selera masing-masing individu. dunia ini indah dengan seluruh isinya. salah satu unsur yang membuat sesuatu itu indah adalah perbedaan, dimana ketika perbedaan itu tidak dipecah, tetapi disatukan dengan kebersamaan, maka akan menimbulkan suatu kekuatan dan keindahan yang tiada tara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar