Marquee Text Generator - http://www.marqueetextlive.com

Sabtu, 08 Desember 2012

Tulisan ke Tigabelas


Software FPGA

Perusahaan pembuat FPGA pada umumnya memberikan perangkat lunak secara cuma-cuma alias gratis. Software ini digunakan untuk mendukung proses design entry, simulation, synthesis and place-and-route, dan Programming through special cables (JTAG). Biasanya software yang dibagikan secara gratis hanya untuk jenis FPGA tingkat rendah-menengah atau hanyalah berupa demo saja. Sedangkan untuk jenis FPGA tingkat atas maka software pendukungnya tidaklah gratis melainkan berbayar. Berikut beberapa software pendukung yang gratis atau demo bagi FPGA :
 Perusahaan Xilinx terkenal dengan software miliknya yang bernama ISE WebPack
 Perusahaan Altera terkenal dengan software miliknya yang bernama Quartus II Web Edition

Software di atas cukup bagus dan baik untuk memulai belajar menggunakan FPGA karena software tersebut memiliki fungsi yang hampir sama dengan yang berbayar. Selain itu, saat ini dengan fungsi yang cukup dan memadai maka tidak perlu membeli software yang ada secara lengkap. Berikut cara memulai memrogram FPGA :
1. Download software yang dibutuhkan.
2. Intsall software tersebut
3. Meminta license untuk mengaktifkan software melalui email. Tanpa adanya license maka    software yang telah terinstal tidak akan dapat digunakan.

Perangkat lunak Xilinx

Xilinx (Xilinx Foundation Series) adalah suatu perangkat lunak yang berguna untuk merancang dan mensimulasikan suatu rangkaian digital. Dengan menggunakan Xilinx proses perancangan suatu alat atau rangkaian digital melalui proses simulasi rangkaian yang telah dirancang untuk melihat apakah rancangan yang telah dibuat sudah benar atau masih mengandung kesalahan.
Untuk perancangan rangkaian digital, Xilinx mempunyai tiga cara, yaitu dengan menggunakan State Diagram, HDL (Hardware Description Language) dan Schematic. Dalam perancangan bisa menggunakan salah satu cara saja atau menggabungkan ketiga cara tersebut. Untuk HDL, Xilinx dapat menggunakan dua bahasa pemrograman yaitu ABEL dan VHDL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar